Waspada 7 Bahaya Menakutkan Akibat Tidur Kelamaan

Sebagian orang mengalami insomnia atau susah tidur, namun sebagian orang juga ada yang sering tidur melalui batas waktu. Pada umumnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur sebanyak 7-9 jam. Namun, ternyata jika Anda terus menerus tidur lebih lama dari 9 jam. Waspadalah, karena hal ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Waspada 7 Bahaya Menakutkan Akibat Tidur Kelamaan

7 bahaya menakutkan akibat tidur kelamaan

Ada beberapa gangguan kesehatan yang mengintai Anda yang disebabkan oleh kelamaan tidur, diantaranya yaitu:

Depresi
Hasil studi terhadap kembar dewasa di tahun 2014 menunjukkan, durasi tidur yang lama meningkatkan risiko terkena gejala depresi. Peserta study ang tidur antara 7-9 jam memiliki 27% sifat bawaan gejala depresi, sementara yang tidur 9 jam atau lebih memiliki 49% sifat bawaan gejala depresi.

Baca Juga: Obat Epilepsi Anak

Merusak otak
Studi tahun 2012 telah meneliti perempuan yang berusia lanjut dalam periode 4 tahun fungsi otak memburuk bagi mereka yang tidur terlalu lama atau terlalau sebentar. Perempuan yang tidur selama lebih dari 9 jam atau kurang dari 5 jam dapat mengalami perubahan pada otak seakan usia mereka dua tahun lebih tua.

Sulit hamil
Tahun 2013 tim riset korea menganalisa kebiasaan tidur lebih dari 650 orang yang tengah menjalani proses bayi tabung. Hasilnya, tingkat kehamilan paling tinggi ditemukan pada perempuan yang tidur selama 7-9 jam dan paling rendah pada perempuan yang tidur selama 9-11 jam

Diabetes
Di Quebec, peneliti menemukan dalam periode enam tahun, warga yang tidurnya lebih dari 8 jam beresiko dua kali lipat terkena diabetes tipe 2 atau toleransi glukosa terganggu, dibandingkan yang tidurnya 7-8 jam.

Berat badan naik
Peneliti di Quebec juga memantau pertambahan berat badan dan kadar lemak selama enam tahun. Mereka yang tidur 9-10 jam, 25 persen lebih mungkin beratnya naik 5 kilo, walau sudah memperhitungkan pola makan dan aktivitas fisik.

Masalah jantung
Hasil riset yang dipresentasikan tahun 2012 di pertemuan American College of Cardiology menunjukkan, tidur selama 8 jam atau lebih berhubungan dengan bertambahnya resiko terkena masalah jantung. Peneliti menganalisa data dari lebih 3000 orang. Peserta yang tidurnya lama, dua kali lebih besar resikonya terkena angina dan 1,1 kali beresiko terkena penyakit arteri koroner.

Kematian Dini
Di tahun 2010 dari 16 studi yang berbeda, peneliti menemukan peningkatan resiko kematian dini pada mereka yang tidur terlalu sebentar dan terlalu lama. Tidur lebih dari 8 jam dikaitkan dengan 1,3 resiko lebih besar mengalami kematian dini diantara 1.382.999 peserta studi.

Baca Juga: Khasiat Alami dari Kandungan Meniran untuk Kesehatan

Itulah beberapa hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli kesehatan mengenai dampak buruk tidur terlalu lama. Setelah mengetahui hal ini, sebaiknya Anda merubah gaya hidup Anda.

| Waspada 7 Bahaya Menakutkan Akibat Tidur Kelamaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *