Ternyata Sering Menguap Menjadi Tanda Adanya Penyakit

Meski secara umum tidak mengganggu aktivitas, namun terkadang menguap bisa membuat seseorang menjadi sedikit malas untuk beraktivitas.

Baca Juga: Obat Epilepsi Anak

Memang menguap adalah hal yang wajar dan bersifat alami. Namun, anda perlu waspada jika menguap berlebihan mulai menyerang. Bisa jadi ini adalah sinyal dari tubuh bahwa ada yang kurang ‘beres’ dengan kesehatan Anda. Berikut beberapa gangguan kesehatan yang mungkin dapat membuat anda menguap berlebihan.

Mengenal Gangguan Kesehatan yang Ditandai Dengan Menguap Berlebih

menguap

  • Kelelahan kronis

Kurang tidur dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk memulihkan diri dan sebagai dampaknya anda akan mengalami kelelahan dan menguap lebih sering dari biasanya.

  • Adanya gangguan hati

sering menguap tapi tidak diserta dengan rasa lelah, itu menjadi salah satu gejala adanya gangguan hati. Cobalah periksakan ke dokter untuk memastikan kondisi kesehatan anda.

  • Multiple Sclerosis

Sebuah studi menyatakan seseorang yang menderita multiple sclerosis akan mengalami disfungsi thermoregualtory. Ini adalah ketidakmampuan untuk mengontrol suhu tubuh yang menyebabkan menguap secara berlebihan.

  • Kesehatan otak

Radang otak menjadi salah satu gejala penyakit stroke, selain itu berdasarkan hasil study menyatakan bahwa menguap berlebih juga menjadi gejala anda menderita kelemahan di batang otak.

  • Epilepsi

Penderita epilepsi kerap mengalami menguap berlebihan. Hal ini dikarenakan adanya gangguan yang menyebabkan abnormalitas saat mengirim sinyal ke otak. Oleh karena itu, walaupun tidak mengantuk, penderitanya akan lebih sering menguap.

  • Pengaruh obat

Obat-obatan yang yang mengandung parasetamol dan anti-histamin biasanya memicu terjadinya kantuk yang menyebabkan Anda menguap berlebihan.

  • Diseksi aorta

yaitu robeknya dinding aorta atau arteri utama yang membawa darah dari jantung. Kondisi ini bisa diwariskan atau bisa karena penyakit seperti tekanan darah tinggi dan penyakit arteri koroner, yang menyebabkan tegangnya dinding arteri. Kondisi ini juga bisa menyebabkan napas pendek dan lelah yang dapat berkonstribusi pada menguap berlebihan.

  • Tekanan darah rendah

Orang yang memiliki tekanan darah rendah biasanya sering menguap, cepat pusing dan lelah.

Baca Juga: Alasan Batuk Rejan Menjadi Pemicu Penyakit Epilepsi

Apabila anda mengalami gejala sering menguap, kami sarankan untuk periksakan ke dokter untuk memastikan kesehatan anda. Sehingga, dengan demikian anda dapat memberikan langkah terbaik untuk mengatasi gangguan kesehatan tersebut.

| Sering Menguap Menjadi Tanda Adanya Penyakit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *