Penanganan Kejang Terhadap Penderita Epilepsi

Semua gerakan kita dikendalikan oleh otak yang mengirim sinyal-sinyal listrik melalui saraf ke otot. Jika sinyal dari otak mengalami gangguan atau terjadi keabnormalan, otot-otot tubuh dapat berkontrasik secara tidak terkendali. Itulah yang terjadi saat tubuh mengalami kejang.

Hampir semua penderita kejang akan sembuh dengan sendirinya tanpa penanganan khusus. Namun, selama mengalami reaksi otot yang tidak terkendali, penderita mungkin saja dapat terluka.

Tujuan utama penanganan kejang pada penderita epilepsi adalah untuk mencegah cidera pada penderitanya. Untuk itu, penting bagi kita mengetahui hal-hal yang perlu dilakukan ketika anda melihat orang kejang. Berikut ini sajiannya.

Penanganan Kejang Terhadap Penderita Epilepsi

penanganan kejang epilepsi

  1. Pindahkanlah barang-barang berbahaya yang berada di dekat penderita. Hal ini bertujuan agar selama penyandang epilepsi tidak sadarkan diri ia tak melukai dirinya sendiri.
  2. Jangan menahan hentakan gerakan penyandang epilepsi bila bangkitan kejang sedang muncul. Tujuannya, agar otot seluruhtubuh tidak mengalami cedera atau rasa nyeri saat penyandang epilepsi sadar nanti. Anda cukup memindahkan penderita ke tempat yang lebih aman.
  3. Jangan memasukan makanan dan minuman apa pun ke dalam mulut penyandang epilepsi bila bangkitan kejangnya sedang kambuh, termasuk obat-obatan, jangan pula mencoba menyadarkan penderita secara paksa.
  4. Bantulah untuk memiringkan kepala penyandang epilepsi bila bangkitan kejangnya muncul. Sebab hal itu akan membantu pernapasannya dibandingkan terlentang dimana lida bisa menutupi sikrulasi masuknya oksigen. Ini tentu akan membahayakan dirinya.
  5. Tetap tenang dan tetap di samping penderita sampai kesadarannya kembali. Umumnya, proses kejang-kejang itu tidak akan lebih dari 5 menit. Jadi apabila kejang-kejang penyandang epilepsi tidak juga mereda selama 5 menit, dianjurkan untuk memanggil ambulan supaya mendapatkan penanganan yang lebih intens dan efektif. Tidak hanya itu, apabila kambuhan kejang itu muncul tanpa penyandang epilepsi sempat sadar, segera untuk memanggil ambulan. Pasalnya, kondisi yang menimpa penyandang epilepsi sudah sangat berbahaya.

Itulah penangan kejang pada penderita epilepsi. Semoga sajian artikel kami bermanfaat dan menjadikan referensi untuk anda. Terimakasih

| Penanganan Kejang Terhadap Penderita Epilepsi

Artikel Terkait

Obat Epilepsi Anak

Cara Mendiagnosis Penyakit Epilepsi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *