Nutrisi Penting yang Dibutuhkan Untuk Kesehatan Otak

Otak adalah organ penting yang sangat membutuhkan zat gizi untuk dapat berkembang dan bekerja optimal. Kekurangan nutrisi telah terbukti memberikan kontribusi terhadap perkembangan gangguan kejiwaan, penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia dan gangguan perkembangan. Disisi lain, studi manusia dan hewan menunjukkan bahwa peningkatan asupan nutrisi pendukung otak meningkatkan berbagai aspek fungsi kognitif seperti daya belajar dan daya ingat. Maka dari itu, penting bagi Anda mencukupi asupan nutrisi yang tepat. Berikut dibawah ini beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan untuk kesehatan otak.

Nutrisi Penting yang Dibutuhkan Untuk Kesehatan Otak

nutrisi-penting-yang-dibutuhkan-untuk-kesehatan-otak

Vitamin B1 atau Tiamin
Menurut sebuah artikel yang diterbitkan dalam The Journal of International Medical Research,”Vitamin B1 atau tiamin banyak ditemukan dalam jaringan otak dan saraf. Ia berperan dalam konduksi impuls saraf.” Tidak hanya itu, kekurangan vitamin ini juga dapat menyebabkan sindrom Korsakoff, gangguan memori kronis yang paling sering dialami pecandu alkohol dan mera yang menderita penyakit AIDS.

Asam folat (B9)
Asam folat mengacu pada senyawa berbeda yang dikenal sebagai folat, dan dapat diperoleh dari makanan yang berbeda seperti bayam, asparagus, dan kacang. Sebagian besar simpanan vitamin ini disimpan di hati. Inilah alasan mengapa kerusakan hati dapat menyebabkan kekurangan bagian penting vitamin B. Asam folat juga berperan penting dalam sintesis asam amino dan pembentukan jaringan saraf. Metabolisme asam folat sangat tergantung pada pasokan vitamin lain dari kelompok B. Kekurangan ini dan vitamin B lain akan menyebabkan masalah perkembangan pada anak-anak. Selain itu, sebuah studi pada tikus lanjut usia menemukan cara untuk meningkatkan memori dengan suplemen asam folat selama 8 minggu.

Asam askorbat atau vitamin C
Menurut Mayo Clinic mengungkapkan bahwa,”Konsentrasi tertinggi vitamin penting ini ditemukan di otak, terutama di kelenjar hipofisis (400mg / kg). Vitamin C penting dalam sintesis neurotransmitter dopamin dan juga melindungi otak terhadap stress oksidatif. Karena, vitamin ini tidak dapat disimpan dalam tubuh, sehingga penting bagi Anda untuk mendapatkan vitamin C dalam jumlah harian yang cukup dari makanan yaitu sekitar 90 mg setiap harinya.”

Kalsium
Kalsium adalah mineral terpenting untuk mendapatkan fungsi otak yang sehat. Kalsium berperan sebagai pengirim pesan sel saraf. Ia juga berperan dalam mengatur neurotransmisi dan mengontrol rangsangan saraf. Rendahnya tingkat mineral ini biasanya jarang terjadi karena tubuh memiliki penyimpan besar mineral ini dalam tulang. Namun, beberapa obat dapat menguras kadar mineral ini sehingga dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Magnesium
Sebuah studi menemukan bahwa pemberian suplemen magnesium pada tikus berusia lanjut meningkatkan kerja dan memori jangka panjang. Magnesium dalam membran sel juga penting untuk transmisi impuls. Selain itu, magnesium dan kalsium dibutuhkan dalam jumlah yang ideal dalam tubuh untuk mencegah rangsangan dari sistem saraf. Kekurangan magnesium atau kalsium dapat menyebabkan masalah neurologis.

SENG
Seng ditemukan dengan jumlah tinggi di dalam otak depan. Para ilmuwan tidak mengetahui dengan pasti peran seng dalam pemeliharaan kesehatan otak, tetapi defisiensi seng berhubungan dengan gangguan neurologis dan psikologis yang berbeda. Misalnya, perubahan dalam seng homeostasis ditemukan pada penyakit Parkinson dan penderita Alzheimer.

Nah, jadi itulah beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan oleh otak kita. Semoga artikel kesehatan ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *