Nilai Gizi dan Manfaat Kacang Merah Untuk Kesehatan

Kacang merah termasuk kedalam jenis polong-polongan dan sering dicampurkan kedalam sop. Nilai gizi pada kacang merah sangat tinggi sehingga mampu membangun tubuh yang sehat.

Kacang merah mengandung asam folat, kalsium, karbohidrat, protein tinggi, karbohidrat kompleks, serat tinggi yang menyebabkan kolesterol turun dalam tubuh. Selain itu, indeks glikemiks yang dimilikinya pun dapat menekan masalah gejala penyakit diabetes. Tidak hanya itu, terdapat pula kandungan fiber, vitamin B terutama B6, besi, mangan,thiamin.

Maka tidak heran, jika kacang merah sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan Anda. Setelah mengetahui nilai gizi pada kacang merah, kini saatnya untuk Anda mengetahui manfaat mengonsumsi kacang merah untuk kesehatan.

Manfaat Mengonsumsi Kacang Merah Untuk Kesesehatan

Nilai Gizi dan Manfaat Kacang Merah Untuk Kesehatan

Kaya akan Antioksidan

Menurut para ahli di Departemen Pertanian Amerika melakukan survei pada 100 makanan yang berbeda. Hasilnya cukup mencengangkan bahwa kandungan antioksidan adlam kacang merah melebihi kualitas antioksidan pada buah-buaha yang dibudidayakan seperti blueberry, cranberry dan ceri. Antioksidan berguna utuk menjaga sel-sel tubuh yang berkaitan terhadap kerusakan akibat radikal bebas.

Baca Juga: Khasiat dan Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuh

Sumber protein nabati

Kacang-kacangan mengandung protein lengkap, dengan semua jenis asam amino yang diperlukan untuk gizi yang baik. Kacang-kacangan lebih rendah lemak dan bebas kolesterol bila dibandingkan dengan daging.

Protein yang dihasilkan dari kacang merah juga dapat menyokong kesehatan jantung dari serat larut serbaguna yang disediakan oleh kacang-kacangan. Secangkir kacang merah memberikan lebih dari 15 gram protein.

Menjaga kesehatan pencernaan

Kandungan serat pada kacang merah dapat membantu pencernaan yang terjadi pada usus. Serat membantu pergerakan usus selalu berjalan dengan baik. Pada akhirnya, hal ini dapat memberi hal yang baik pada kelancaran buang air besar. Dengan lancarnya pencernaan Anda, hal ini dapat membawa dampak positif pada penurunan risiko gejala kanker usus besar.

Mengontrol kadar gula darah

Selain baik untuk kesehatan pencernaan, serat pada kacang merah juga membantu menurunkan kadar kolesterol darah dengan mendorong kolesterol melalui jalur pencernaan sebelum tubuh menyerapnya. Kandungan serat yang tinggi dari kacang merah mengindikasikan, makanan menjadi sangat lambat dicerna dan memiliki indeks glisemik rendah. Sehingga, kacang merah bisa menjadi pilihan yang sehat untuk penderita diabetes atau bagi orang yang ingin mengontrol kadar gula darah.

Mengoptimalkan memori otak

Kacang merah erat hubungannya dengan fungsi sel-sel otak, karena dianggap sebagai sumber vitamin B yang baik untuk otak. Saraf-saraf pada otak dapat dipelihara oleh vitamin B pada kacang merah terutama kandungan vitamin B1 (thiamin). Vitamin B1 ini berkontribusi terhadap reaksi enzimatik, sebagai pusat produksi energi yang juga penting untuk fungsi sel otak atau kognitif. Baca Juga: Obat Epilepsi Anak

Thiamin diperlukan dalam proses penting neurotransmitter untuk memori otak. Hubungan ini telah ditemukan, mengenai faktor yang signifikan dalam penurunan fungsi mental (pikun) dan penyakit kepikunan seperti Alzheimer.

Sumber energi tubuh

Kacang merah dapat meningkatkan energi tubuh karena didalamnya terdapat kandungan zat besi. zat besi adalah komponen integral dari hemoglobin, yang mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh sel tubuh. Maka dari itu, mengkonsumsi kacang merah  sangat diperlukan untuk membantu kelancaran peredaran oksigen dalam tubuh. Jika sedang dalam kondisi mengandung atau menyusui, sangat dianjurkan untuk meningkatkan asupan zat besi. Hal ini untuk menunjang, pertumbuhan janin dan anak-anak, seperti halnya bayam.

Maka dari itu, konsumsilah kacang merah untuk menunjang kesehatan Anda di masa depan. Berikan pula pada anak-anak untuk menunjang tumbuh kembang anak yang tetap sehat, aktif, cerita dan berenergi.

| Nilai Gizi dan Manfaat Kacang Merah Untuk Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *