Mengenal Jenis Penyakit Epilepsi Lobus Temporalis

Epilepsi lobus temporalis atau epilepsi psikomotor atau juga disebut epilepsi partial kompleks merupakan bangkita epilepsi yang disebabkan oleh suat lesi pada lobus temporalis. Berikut ini beberapa fakta mengenai penyakit epilepsi lobus temporalis:

  • Bangkitannya meliputi bermacam-macam gejala motorik dan mental
  • Serangan dari jenis epilepsi ini disebabkan oleh letupan fokal abnormal yang menimbulkan kehilangan kesadaran, amnesia, atau bingung selama ataupun setelah serangan.
  • Jenis epilepsi ini berhubungan dengan lesi di lobus temporalis.

Penyebab Epilepsi Lobus Temporalis

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa penyebab epilepsi lobus temporalis adalah

  • Post Infeksi seperti herpes ensefalitis atau meningitis bakterialis), hamartoma, vaskuler malformasi (arterio-venous malformasi, cavernous angioma), gangguan migrasi neuronal, hipokampus sklerosis dan kejang demam.

Baca Juga: Ramuan Tradisional Untuk Mengatasi Demam Kejang Pada Anak

Proses Terjadinya Serangan Epilepsi Lobus Temporalis

apa itu epilepsi Lobus Temporalis
Dasar neurofisiologis serangan epilepsi lobus temporalis terpusat pada kompleks amigdala-hipokampus. Lepas muatan listrik di amigdala misalnya dapat menjalar ke daerah kortikal dan subkortikal secara difus. Dalam semua serangan epilepsi lobus temporalis rupanya sistem amigdala-hipokampus ikut terlibat dan dari sini lepas muatan listrik tersebar ke daerah proyeksi sistem tersebut dan melibatkan pula kedua lobus temporalis dan daerah kortikal serta subkortikal lainnya.

Baca Juga: Obat Epilepsi Anak

Serangan epilepsi dimulai dengan meluasnya depolarisasi impuls dari fokus epileptogenesis, mula-mula ke neuron sekitarnya lalu ke hemisfer, subkortek, thalamus, batang otak dan seterusnya.   Kemudian untuk bersama-sama dan serentak dalam waktu sesaat menimbulkan serangan kejang. Setelah meluasnya eksitasi selesai, dimulailah proses inhibisi di korteks serebri, thalamus dan ganglia basalis yang secara intermiten menghambat discharge epileptiknya. Dulu dianggap berhentinya serangan sebagai akibat terjadinya exhaustion neuron (karena kehabisan glukosa dan tertimbunnya asam laktat), namun ternyata serangan epilepsi bisa terhenti tanpa terjadinya neuronal exhaustion.

Nah itulah beberapa pengenalan mengenai jenis epilepsi lobus temporalis. Semoga bermanfaat

 

| Mengenal Jenis Penyakit Epilepsi Lobus Temporalis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *