Khasiat dan Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuh

Buah pisang berwarna kuning memiliki rasa manis sehingga banyak digemari mulai dari anak-anak hingga dewasa. Selain rasanya yang enak, ternyata buah yang tumbuh disekitar 107 Negara ini memiliki segudang kandungan nutrisi dan gizi besar yang baik untuk kesehatan.

Baca Juga: Waspada 7 Bahaya Menakutkan Akibat Tidur Kelamaan

Pisang yang berukuran 126 gram mengandung 110 kalori, 30 gran karbohidrat, dan 1 gram protein. Selain itu, pisang juga mengandung vitamin B6, mangan, vitamin C, kalium, serat, magnesium, folat, riboflavin, niacin, vitamin A, dan zat besi.

Oleh karena itulah, pisang banyak digemari oleh masyarakat. Dilihat dari kandungannya, sudah jelas pisang dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut ini, khasiat dan manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh.

Khasiat dan Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuh

Khasiat dan Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuh

Pisang sering digunakan sebagai menu diet harian. Karena, pisang dapat membantu tujuan penurunan berat badan, menjaga perut tetap sehat, memberikan nutrisi yang mengatur irama jantung dan memiliki senyawa vitamin untuk kesehatan mata. Selain itu, berikut ini dia manfaat mengonsumsi buah pisang.

Melancarkan peredaran darah
Kandungan potasium pada pisang sangat baik untuk peredaran darah Anda. Selain itu, kandungan kalium pada pisang pun membantu mengatur tekanan darah. Hal ini dapat menekan risiko stroke yang menyebabkan timbulnya gejala penyakit jantung.

Menyehatkan pencernaan pada usus
Kandungan serat pada pisang baik untuk mengurangi sembelit. Pisang bisa dikonsumsi dengan mencampurnya dengan susu, khasiatnya dapat mengurangi risiko penyakit usus seperti gejala kanker usus besar. Pisang juga sering digunakan untuk menahan inflamasi karena proses tersebut dapat dipercepat dengan vitamin C pisang.

Menjaga kesehatan mata
Pisang memiliki sejumlah vitamin A yang larut dalam lemak dan sagnat penting untuk melindungi mata. Senyawa ini melestarikan membran yang mengelilingi mata dan merupakan komponen dari salah satu protein yang membawa cahaya ke kornea. Asupan vitamin A yang cukup juga dapat mengurangi risiko kebutaan dan sangat penting untuk penglihatan sehari-hari.

Menormalkan fungsi jantung
Kandungan mineral elektrolit kalium yang tinggi pada pisang membantu menambah nutrisi untuk tubuh dalam mendukung fungsi jantung. Ketika kalium masuk ke dalam tubuh, akan langsung ke dalam aliran darah melalui dinding usus. Kalium berjalan disekitar sel-sel diseluruh tubuh dan larut dalam cairan sel.

Proses ini terus mengalir di seluruh sistem tubuh yang diperlukan untuk membuat jantung tetap berdetak. Dalam kasus kekurangan kalium yang parah, irama jantung mungkin menjadi tidak teratur yang dapat mematikan.

Menyehatkan otak
Di sebuah Negara Maju, pisang dijadikan sebagai pilihan terbaik dalam menu sarapan. Campurakan potongan pisang pada sereal dapat memberikan sumber kalori yang cukup untuk mengawali aktivitas. Sebuah penelitian yang diikuti oleh 200 pelajar, membuktikan bahwa konsentrasi belajar mereka meningkat sejak menajdikan menu pisang sebagai sarapan. Hal ini dikarenakan kandungan kalium pada pisang dapat memberikan stimulan pada otak. Pada bayi yang baru memulai makan makanan padat, pisang menjadi pilihan yang baik karena bertekstur lembut dan baik untuk perkembangan otak bayi.

Baca Juga: Obat Epilepsi Anak

Jadi itulah khasiat dan manfaat mengonsumsi buah pisang untuk kesehatan. Tidak hanya baik untuk kesehatan, namun juga pisang baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan dapat mencegah cacat bawaan pada anak. Semoga artikel kami bermanfaat dan semoga Anda selalu diberikan kesehatan. Aamiin

| Khasiat dan Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *