Kendalikan Epilepsi dengan Ramuan Dari Tanaman Pegagan

Penyakit epilepsi dapat disebabkan oleh beberapa hal diantaranya yaitu kelainan bentuk otak, trauma otak akibat benturan, infeksi, stroke, tumor, atau karena adanya serangan step berulang.

Penyakit epilepsi dapat ditandai dengan timbulnya gejala sulit berbicara secara mendadak, kejang-kejang, keluarnya air liur, reaksi atonik (jatuh akibat melemasnya otot), bengong selama beberapa detik.

Baca Juga: Obat Epilepsi Anak

Untuk mengendalikan penyakit epilepsi, berikut ini kami berbagi ilmu pengetahuan mengenai tanaman pegagan yang ternyata mampu mengendalikan epilepsi.

Tanaman Pegagan Dapat Mengendalikan Penyakit Epilepsi

jus daun pegaganTanaman pegagan atau sering disebut juga dengan antanan, memang terkenal dapat mengurangi gejala frekuensi serangan epilepsi. Alasannya karena, didalam tanaman pegagan terdapat beberapa senyawa aktif seperti triterpenoid, brahmoside (Bacoside A) dan brahminoside pada tanaman ini, memiliki sifat sedatif (menenangkan) dan mampu merelaksasi pembuluh darah yang tegang.

Penelitian pada hewan percobaan memperlihatkan efek farmakologi tanaman ini yang bersifat antikejang, anticemas, analgesik, dan sedatif.

Dan semua efek positif yang terjadi dalam sistem saraf pusat ini, terutama dicapai berkat mekanisme Pegagan dalam meningkatkan gamma aminobutiyric acid (GABA), neurotransmitter yang bertugas mengatur sel saraf dan mencegah terjadinya kejang, salah satu gejala khas epilepsi.

Baca Juga: Perbedaan Antara Kejang Demam dengan Kejang Epilepsi

Itulah sebabnya, mengapa tanaman pegagan baik untuk pengobatan epilepsi. Tidak diragukan lagi, bila anda ingin mencobanya, berikut ini kami berikan ramuan membuat obat epilepsi dari daun pegagan

  1. Ambil segenggam daun Pegagan dan cuci bersih.
  2. Ambil gula aren atau gula jawa secukupnya.
  3. Campurkan daun Pegagan dan gula.
  4. Blender atau tumbuk hingga halus dan tercampur rata.
  5. Ambil sebanyak satu sendok ramuan dan seduh dengan satu gelas air mendidih.
  6. Saring air dari ramuan tersebut dan minum rutin satu gelas sehari.

Pengingatnya, ramuan Pegagan sebaiknya tidak digunakan oleh wanita hamil dan menyusui serta anak-anak. Penderita diabetes dan hyperlipidemia juga perlu waspada ketika hendak menggunakan ramuan ini karena Pegagan dilaporkan dapat meningkatkan gula dan lemak darah.

Itulah beberapa manfaat dari tanaman pegagan sebagai obat epilepsi.

| Kendalikan Epilepsi dengan Ramuan Dari Tanaman Pegagan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *