Jenis Cemilan Sehat Untuk Anak yang Wajib Ibu Ketahui

Anak-anak sangat suka sekali jajan diluar rumah, hal ini tentunya membuat para orang tua khawatir akan kesehatan buah hatinya. Karena, tumbuh kembang anak sering ditentukan pula dari jenis makanan yang mereka makan. Bahkan, makanan yang tidak higienis dapat membuat anak menjadi mudah terserang penyakit, seperti diare, sakit perut, mual dan muntah, dll.

Maka dari itu, orang tua mesti siaga dalam mengatasi permasalahan ini. Salah satu solusinya yaitu orang tua perlu tahu jenis cemilan enak dan sehat yang disukai anak-anak. Berikut ini jenis cemilan sehat untuk anak.

Cemilan Sehat yang Baik Untuk Tumbuh Kembang Anak

jenis-cemilan-sehat-untuk-anak-yang-wajib-ibu-ketahui

Sereal dan biskuit gandum
Cemilan gandum sangat baik untuk perkembangan otak dan motorik anak. Kandungan seratnya pun dapat memberikan energi untuk si kecil. Sementara kandungan vitamin E, B, Zink dan kaliumnya yang tinggi juga akan mengoptimalkan fungsi kerja otaknya.

Kacang-kacangan
Jenis cemilan ini kaya akan vitamin E dan antioksidan serta berperan sebagai pelindung sel-sel otak terhadap radikal bebas. Selain itu, vit E serta thiamin mampu mengubah glukosa menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Menurut hasil penelitian, diketahui bahwa kacang merah mengandung banyak asam lemak omega 3, khususnya ALA yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan otak

Yoghurt dan keju
2 jenis cemilan ini kaya akan protein dan vitamin. protein serta vitamin B dibutuhkan dalam mendukung pertumbuhan enzim dan jaringan otak. Selain itu, vitamin D nya juga berkhasiat untuk perkembangan otot dan saraf tubuh si kecil yang dalam masa pertumbuhan.

Buah Berry
Buah ini kaya akan nutrisi yang dapat berperan dalam perkembangan otak dan motorik anak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa strawberry dan blueberry dapat memperbaiki fugnsi daya ingat otak, sehingga dapat meningkatkan kemampuan daya ingat anak. Selain dagingnya, ternyata bijinya pun mengandung asam lemak omega 3 yang berperan dalam perkembagnan kecerdasan anak. Kandungan antioksidan dan vitamin C nya pun dapat mengurangi stres dan meningkatkan kekebalan tubuh, dan mencegah radikal bebas.

Telur
Kuning telur mengandung zat kolin yang berperan dalam perkembangan otak anak, terutama perkembangan fungsi daya ingat dan membuat anak tidak mudah merasa lelah.

Meski baik untuk anak, namun Anda juga perlu membatasi konsumsi telur bagi buah hati. Karena kuning telur juga mengandung kolesterol yang tidak baik untuk kesehatan anak.

Sayur dan buah
Jika buah hati Anda tidak menyukai sayur dan buah, sebaiknya Anda menyiasatinya dengan memberikan buah dan sayur yang sudah dikeringkan atau dijadikan keripik.

Selain itu, Anda juga bisa dengan membuatkan smoothies. Cara membuatnya yaitu dengan mengkombinasikan sayur dan buah. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menyiasatinya dengan membuatkannya agar-agar. Agar-agar memiliki serat yang tinggi, Anda bisa menambahkan potongan buah segar saat membuat agar-agar, atau bisa juga dengan membentuknya pada cetakan yang menarik si kecil. Tidak hanya menyehatkan, agar-agar juga membuat anak kenyang lebih lama, sehingga anak tidak akan merengek untuk dibelikan cemilan lain.

Nah, bagi Anda yang memiliki buah hati. Hal ini bisa menjadi inspirasi bagi Anda dalam memberikan bekal makanan pada anak. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *