Hubungan Epilepsi Dengan Anak yang Kekurangan Vitamin D

Menurut sebuah studi baru mengungkapkan bahwa anak-anak yang kekurangan asupan vitamin D mungkin lebih berisiko terkena penyakit epilepsi. Penelitian ini telah dilakukan oleh Dankook University Hospital Korea Selatan dan diterbitkan dalam Annals of Paediatric Endocrinology & Metabolism, dievaluasi status vitamin D dalam kelompok 198 anak-anak dengan epilepsi yang memakai obat antiepilepsi.

Hubungan Epilepsi Dengan Anak yang Kekurang Vitamin D

Dari kelompok, total 124 atau 62.6% yang terbukti memiliki kekurangan vitamin D, dan masalahnya adalah lebih umum selama bulan-bulan musim dingin dan musim semi serta pada mereka yang berusia lebih dari 12 tahun.

Baca Juga: Obat Epilepsi Anak

Dari 57 subyek yang tidak kekurangan vitamin D pada saat pengujian awal, 47 menjadi kekurangan selama masa tindak lanjut (lebih dari 5 tahun). Penurunan terbesar terkait dengan jangka waktu yang lebih dari pengobatan, penurunan mobilitas dan adanya kelainan otak yang mendasarinya.

Para peneliti juga menyimpulkan bahwa penelitian ini menekankan betapa pentingnya pemantauan asupan vitamin D pada anak-anak yang mengambil obat antiepilepsi, terutama ketika mereka yang membutuhkan pengobatan dalam jangka waktu yang lebih lama, suatu kelainan yang muncul pada pencitraan MRI, mereka memiliki kelainan yang mendasari lain dan mereka memiliki masalah dengan mobilitas.

Masalah kekurangan vitamin D pada anak merupakan hal umum pada orang yang tidak mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup dan mereka dapat menyebabkan kelelahan, sakit, nyeri dan sering infeksi.

Baca Juga: Obat Tradisional Kejang Pada Anak Akibat Demam Tinggi

Maka dari itu, cukupilah asupan vitamin D pada anak anda agar terhindar dari beberapa jenis penyakit yang membahayakan terutama penyakit epilepsi. Semoga anda selalu diberikan kesehatan. Aamiin

| Hubungan Epilepsi Dengan Anak yang Kekurangan Vitamin D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *