Bahaya Penggunaan Smartphone Terlalu Lama Bagi Kesehatan

Di era modern seperti sekarang ini telah berkembang berbagai macam teknologi canggih bahkan super canggih. Salah satunya yaitu smartphone. Smartphone atau ponsel cerdas merupakan telpon genggam yang memiliki kemampuan, penggunaan dan fungsi yang menyerupai komputer.

Baca Juga: Obat Epilepsi Anak

Kini kita telah melihat banyak orang yang memiliki smartphone dan sering digunakan setiap hari dan bahkan kini menjadi barang primer yang menjadi kebutuhan pokok setiap orang. Namun, dibalik itu ternyata ada bahaya yang mengintai, salah satunya yaitu bahaya bagi kesehatan pengguna smartphone tersebut. Berikut ini bahaya penggunaan smartphone terlalu lama bagi kesehatan

Bahaya Penggunaan Smartphone Terlalu Lama Bagi Kesehatan

Bahaya Penggunaan Smartphone Terlalu Lama Bagi Kesehatan

Tak jarang kita melihat banyak orang yang betah berjam-jam mentap layar gadget. Dalam satu hari selama 24 jam, entah berapa lama waktu yang kita habiskan untuk melototi smartphone dengan segala aplikasi yang ada didalamnya. Akibatnya, kita seringkali tidak sadar bahwa sebenarnya ada berbagai bahaya yang mengancam ketika kebiasaan menggunakan smartphone ini sudah mulai kelewatan. Berikut ini efek samping penggunaan smartphone terlalu lama:

  • Terjadinya perubahan fisik

Ketika Anda menunduk sekitar 60 derajat saat bermain smartphone, maka sama saja dengan memberi beban pada kepala 6 kali lipat dari beban maksimal. Hal ini dapat membuat perubahan fisik yang terjadi seperti patah tulang, leher akan merasa tertekan, bantalan tulang juga akan bergeser. Sehingga salah satu cakram yang duduk antara tulang belakang rusak dan akhirnya menekan syaraf.

  • Penuaan dini

Menurut hasil sebuah penelitian seorang dokter kulit di Beverly Hills, bernama Stuart H. Kaplan, M., D., mengungkapkan bahwa saat ini banyak anak muda yang melakukan pengobatan Botox untuk mengatasi kerutan dini. Hal itu banyak disebabkan karena terlalu lama melihat smartphone.

Sinar dari smartphone, posisi leher saat menekuk ke bawah dan prilaku terus-terusan seperti itu akan membuat efek jangka panjang yang mengerikan.

  • Kanker otak

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang menggunakan smartphone setengah jam sekali dalam sehari dengan durasi konstan 10 tahun, maka akan meningkatkan risiko kanker otak sebanyak 2 kali lipat.

Apabila seseorang menggunakan smartphone sejak masih remaja maka risiko akan meningkat sebesar 4 kali lipat. Hal ini disebabkan oleh radiasi yang kuat dari smartphone.

  • Menyebabkan insomnia

8 jam sampai 10 jam perhari menjadi waktu ideal untuk tidur. Namun, pada kenyataannya, hanya 15% remaja di dunia yang melakukan itu. Teknologi berupa smartphone adalah salah satu yang menyebabkan anak zaman sekarang kurang tidur.

Cahaya dari layar dapat mengganggu insomnia dan tidur tidak tenang alias gelisah. Hal ini jelas akan mengganggu kestabilan kondisi tubuh. Apabila dibiarkan akan berakibat pada daya tahan tubuh menurun karena kurang tidur.

  • Sakit mata

Menurut survei yang dilakukan oleh peneliti, sebanyak 37% orang saat ini menghabiskan minimal 9 jam dengan bermain smartphone. Sebanyak 7 dari 10 orang mengalami ketegangan mata. Hal itu berakibat pada mata kering, iritasi, kemerahan dan bahkan sakit kepala yang berkepanjangan, kelelahan serta kasus terparah adalah rabun dekat.

Baca Juga: Cara Membuat Ramuan Tradisional untuk Penderita Epilepsi

Itulah beberapa bahaya yang ditimbulkan jika seseorang terlalu asik dan terlalu lama memainkan gadget mereka. Semoga kita bisa lebih mewaspadai akan bahayanya dan menghindari berbagai risiko yang dapat terjadi pada kita.

| Bahaya Penggunaan Smartphone Terlalu Lama Bagi Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *